Trending Topic

Tempat Download

Penyebab Storing Audio Mobil Dan Solusinya

Posted by TD comments0komentar

Storing merupakan salah satu hal yang cukup memusingkan dalam dunia audio mobil, karena pastinya sangat mengganggu kualitas suara yang dihasilkan dari

Banyak orang yang mengambil jalan pintas untuk mengatasi masalah storing dengan menggunakan perangkat anti storing dan terkadang storing tersebut tidak hilang juga. Anti storing memecahkan masalah tanpa membasmi akar masalah, not good. Karena itu untuk menanggulanginya dengan tuntas, harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya.

Timbulnya masalah storing pada sistem audio mobil bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:
- Adanya masalah pada bagian kelistrikan, seperti adanya kerusakan pada alternator dan kabel ground yang sudah tidak beres akibat, kendor ataupun karat. Akibat alternator rusak adalah terganggunya pengisian arus listrik sehingga membuat aliran listrik tidak beres dan drop.
Solusi: Perbaiki dan ganti alternator jika fungsinya sudah tidak normal, periksa sistem grounding, bersihkan karat yang ada pada baut titik grounding dan kencangkan bautnya. Hindari body head unit menyentuh langsung bagian body mobil.

- Adanya masalah pada bagian sistem pengapian, seperti kabel busi yang sudah bocor, busi atau koil yang sudah tidak bagus juga sering menjadi sumber si bising.
Solusi: Jika terjadi seperti ini, ganti segera parts yang telah rusak tersebut.

- Kesalahan jalur kabel yang dibuat dalam instalasi, ini berkaitan dengan kesalahan sang instalatur (human error), karena setiap mobil memiliki karakter yang berbeda-beda. Untuk itu sebaiknya instalasi audio dikerjakan oleh instalatur yang memang benar-benar mengerti instalasi secara mendalam dan berani memberikan garansi instalasi secara penuh.
Solusi: Posisi kabel RCA harus sejauh mungkin dari kabel power untuk menghindari pengaruh gelombang elektromagnetik yang berdekatan dan beradu.

- Terkadang dari produk audio itu sendiri yang memang komponennya mudah menyebabkan storing,namun saat ini sudah sangat jarang, paling hanya 2 sampai 5 % saja.
Solusi: Pilih perangkat audio yang memiliki kualitas komponen baik, jangan tergoda dengan harga yang murah, pastikan mendapat informasi kualitas produk yang bisa dipercaya.

Dalam instalasi audio, kabel negatif dari accu (aki) ke body mobil dengan kabel positif dari accu (aki) harus memiliki ukuran yang sama besar, misalnya kabel negatif 4 AWG berarti kabel positifnya juga harus berukuran 4 AWG, sehingga arus listrik dapat mengalir sempurna dan seimbang antara input dan outputnya. Banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini dengan baik.


Terimakasih atas kunjunganya @Penyebab Storing Audio Mobil Dan Solusinya , jangan lupa komentarnya ea...

Jika berkenan,bagikan kepada rekan melalui:
Komentar yuk...biar tambah semangat untuk selalu update.
Comments
0 Comments
U comments I follow